NEWS

BOLEHKAH MENJADI ANGGOTA LEBIH DARI 1 SERIKAT PEKERJA?

KEANGGOTAAN GANDA

Pertanyaan : saya mau tanya, selama saya bekerja di perusahaan A masuk dalam anggota serikat dalam perusahaan tersebut. namu pada saat saya di PHK saya menggunakan serikat pekerja yang lain. apakah saya bisa menggunakan serikat pekerja tersebut?

Jawaban :

Pada dasarnya Serikat Pekerja/Serikat Buruh merupakan sebuah Organisasi yang dibentuk dari, oleh dan untuk Pekerja/Buruh guna memperjuangkan, membela serta melindungi hak dan kepentingan pekerja/buruh serta meningkatkan kesejahteraan pekerja/buruh dan keluarganya. Hal tersebut tertuang dalam Pasal 1 Angka 1 Undang-undang No. 21 Tahun 2000 Tentang Serikat Pekerja/Serikat Buruh (UU 21 2000 tentang SP/SB).

Berkaitan dengan Keanggotaan Pekerja/Buruh dalam Serikat Pekerja/Serikat Buruh diatur bahwa Pekerja/Buruh Berhak membentuk dan menjadi Anggota Serikat Pekerja/Serikat Buruh. Jika dalam Perusahaan terdapat Serikat Pekerja maka Pekerja tinggal mendaftarkan diri menjadi Anggota Serikat Pekerja dengan mengisi formulir pendaftaran, tetapi jika belum ada Serikat Pekerjanya maka Pekerja dapat membentuk Serikat Pekerja dengan minimal 10 orang Pekerja sesuai dengan Pasal 5 ayat (1) dan ayat (2) UU 21 2000 tentang SP/SB.

yang berkaitan dengan pertanyaan diatas tentang keanggotaan A dan Keanggotaan Serikat Pekerja B pada saat di PHK maka perlu dilihat kembali tentang aturan Keanggotaan Serikat Pekerja yang terytuang dalam pasal 14 ayat (1) bahwa Pekerja tidak boleh menjadi Anggota Serikat Pekerja lebih dari satu atau dengan kata lain tidak boleh keanggotaan ganda, jika ternyata terdaftar di dua Serikat Pekerja maka harus membuat penrnyataan secara tertulis memilih salah satu dari Serikat Pekerja tersebut. Lebih lengkap pasal 14 UU 21 2000 tentang SP/SB dikutip sebagai berikut:

“Pasal 14

(1) Seorang pekerja/buruh tidak boleh menjadi anggota lebih dari satu serikat pekerja/serikat buruh di satu perusahaan.
(2) Dalam hal seorang pekerja/serikat buruh dalam satu perusahaan ternyata tercatat pada lebih dari satu serikat pekerja/serikat buruh, yang bersangkutan harus menyatakan secara tertulis satu serikat pekerja/serikat buruh yang dipilihnya.”

kesimpulan secara sederhana adalah Kita sebagai pekerja berhak menjadi Anggota Serikat Pekerja, kita juga berhak mendirikan Serikat Pekerja dengan Minimal 10 Orang Pekerja dan setelah menjadi Anggota Serikat Pekerja kita hanya diperbolehkan menjadi slah satu Anggota Serikat Pekerja saja, dilarang keanggotaan ganda.

demikian jawaban tentang Keanggotaan 2 Serikat Pekerja/Serikat Buruh. Silahkan bagi Pekerja/Buruh yang belum menjadi Anggota Serikat Pekerja/ Serikat Buruh dapat menghubungi SPKEP SPSI Kabupaten dan Kota Bekasi di Jln. Jend A. Yani No. 01 Komplek Pemkot Bekasi, Tlp (021) 885 1776, email pcspkepspsibks@gmail.com. No Hp. 085227923611

Gun’s

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker