NEWS

MUSCAB IV PC FSP RTMM SPSI KAB./KOTA BEKASI

Menciptakan Kepemimpinan Yang Profesional Dan Berintegritas

Cianjur, 11 Juni 2021 -PC FSP RTMM Kab./Kota Bekasi Melaksanakan Musyawarah Cabang (MUSCAB) Ke-IV di Hotel Palace Cipanas yang berlokasi di Jl. Raya Cipanas Kec. Cipanas kab. Cianjur Jawa Barat dengan mengusung tema ”MENCIPTAKAN KEPEMIMPINAN YANG PROFESIONAL DAN BERINTEGRITAS”.

MUSCAB IV yang diselenggarakan oleh PC FSP RTMM SPSI periode 2016-2021 dibawah kepemimpinan Bung Arfanidi dihadiri oleh Peserta MUSCAB IV sejumlah 78 orang mewakili 22 PUK se kabupaten Kota Bekasi, Perangkat organisasi, dan tamu undangan PC SPA serta instansi pemerintah dari unsur BPJS kesehatan dan BPJS ketenagakerjaan.

Sebagai bentuk dukungan pelaksanaan MUSCAB IV PC FSP RTMM SPSI Kab./Kota Bekasi. PC FSP KEP SPSI Kab.-Kota Bekasi mengirimkan Ucapan Selamat melalui karangan bunga dan mengirimkan perwakilannya menghadiri agenda tersebut, antara lain Ketua (bung Zen Mutowali), Sekretaris (Bung Abdul Gofur), Wakil Ketua IV (Bung Ono Kartono), wakil sekretaris V (Bung Hermawan), dan Staf transportasi (Bung Atang Sutisna).

Tepat pada pukul 16.30 WIB prosesi acara pembukaan MUSCAB IV dimulai dengan pemutaran video visualiasi dan dilanjutkan tarian ucapan selamat datang (adat Sunda) dan penyematan kain ulos Batak untuk beberapa orang perangkat organisasi.  Dalam sambutannya Ketua Panitia Bung Hendry Wardana menyampaikan bahwa dari 23 PUK yang tergabung dalam keluarga besar PC FSP RTMM SPSI Kab./Kota Bekasi  hanya satu PUK yang tidak dapat menghadiri acara MUSCAB IV pada hari ini dan hal ini menunjukan keseriusan PUK untuk bersama-sama memikirkan dan menentukan langkah organisasi kedepan agar dapat lebih optimal dalam melakukan tugas dan tanggung jawabnya, ucapan terima kasih dan apresiasi juga disampaikan oleh bung Jhon (panggilan akrab bung Hendry Wardana) kepada seluruh pihak yang telah membantu terselenggaranya acara pada hari ini.

Bung Arpanidi selaku Ketua PC FSP RTMM Kab./Kota Bekasi melanjutkan sesi sambutannya dengan menyampaikan ucapan terima kasih kepada beberapa pihak yang telah membantu baik moril maupun materil sehingga agenda MUSCAB IV ini dapat terselenggara sesuai waktu yang direncanakan, sebagai pimpinan organisasi beliau mengharapkan agar pekerja yang tergabung dalam keluarga besar PC FSP RTMM SPSI Kab./Kota Bekasi dapat terus bersinergi dan menyatu dengan pergerakan perjuangan pekerja di Bekasi Raya tentunya agar perjuangan pekerja dapat lebih maksimal dan MUSCAB hari ini sengaja dirancang berbeda dengan MUSCAB sebelumnya agar lebih santai tapi serius dan tentunya hasilnya dapat sesuai dengan tujuan MUSCAB dilakukan yaitu Menghasilkan pimpinan yang lebih baik dan berintegritas.

Mewakili DPC KSPSI Bekasi Bung Fajar Winarno menyampaikan permohonan maaf karena Bapak R. Abdullah selaku ketua DPC tidak dapat menghadiri agenda hari ini dikarenakan beliau sedang tugas ke Batang – Pekalongan. Ucapan selamat keluarga besar SPSI RTMM atas terselenggaranya MUSCAB IV dan disampaikan bahwa RTMM adalah federasi di KSPSI yang paling muda diantara federasi lain, tapi ternyata mampu menjadi 3 besar di Bekasi dalam hal keanggotaan , dan tentunya Apresiasi atas kerja keras pengurus dan kerja keras kawan-kawan panitia selama ini. Selanjutnya bung Fajar menyampaikan bahwa  dengan ACFTA Kondisi ketenagakerjaan di Indonesia menjadi lebih sulit karena pekerja harus berkompetisi dengan seperempat penduduk dunia, persaingan ketat yang terjadi menyebabkan banyak pekerja harus tersingkir oleh karena banyak kemudahan tenaga asing masuk ke Indonesia dan ternyata tantangan kaum pekerja belum berhenti karena Revolusi industri 4.0 juga menjadi ancaman serius kaum pekerja karena kaum pekerja harus berhadapan dengan teknologi tinggi dan robotisasi.  Dan pada awal Maret 2020 kaum pekerja kembali dihadapkan pada persoalan ketenagakerjaan, ketika PHK merajalela dan banyak hak-hak kaum pekerja yang tidak dipenuhi oleh pengusaha karena kondisi keuangan perusahaan yang tidak menentu imbas dari menurunnya ekonomi global termasuk di negara ini akibat dari Pandemi Covid-19. Dan mimpi buruk kaum pekerja menjadi kenyataaan saat pemerintah bersama DPRRI melahirkan UU No. 11/2020 tentang Cipta Kerja pada tanggal 5 Oktober 2020 yang sangat mendegradasi hak-hak kaum pekerja walaupun gelombang perlawanan terjadi dimana-mana pada saat itu. Dari gambaran tersebut sudah sangat jelas bahwa hal ini seharusnya menjadi menjadi ancaman dan tantangan kaum pekerja untuk dapat terus meningkatkan kemampuan oragnisasi dalam rangka menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan melakukan evaluasi dan perbaikan di tingkat organisasi dan berjuang ekstra keras dan pilihan yang tidak dapat ditawar adalah mempertahankan atau bahkan meningkatkan kualitas Perjanjian Kerja Bersama (PKB) pada masing-masing perusahaan oleh karena itu hanya ditingkat pekerja yang harus berjuang ekstra keras agar di perusahaan masing-masing demi terciptanya perlindungan dan peningkatan kesejahteraan kaum pekerja.

BPJS Ketenagakerjaan Kota Bekasi yang diwakili oleh Bapak Supriatna dalam sambutannya Mengingatkan  kepada pekerja agar memastikan kepesertaannya dalam Program-program yang dikelola oleh BPJS minimal 4 program agar dapat memenuhi syarat untuk diikutkan dalam program BPJS Ketenagakerjaan yang baru yaitu Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP). Dan ibu Fenny mewakili BPJS Kesehatan Kota Bekasi dalam sambutannya menyampaikan selamat melaksanakan MUSCAB kepada keluarga besar RTMM semoga RTMM lebih maju dan lebih jaya lagi.

Sementara itu Bung Sudarto, As selaku Ketua Umum PP SP RTM SPSI menyampaikan bahwa diusia RTMM sudah 29 tahun, maka RTMM harus berubah dan meningkatkan kinerja organisasi ditengah situasi perpekerjaan yang semakin sulit. Maka tunjukan bahwa kita mampu berubah dan tingkatkan performa, buktikan sekecil apapun implementasi dari tugas serikat pekerja dalam hal pembelaan, pelindungan dan peningkatan kesejahteraan. Pada akhir sambutannya Bung Sudarto mengucapkan Selamat dan Sukses atas terselenggaranya MUSCAB IV PC FSP RTMM Kab./Kota Bekasi, semoga menghasilkan keputusan terbaik untuk organisasi

Dan Sesi sambutan diakhiri dengan sambutan dari Bung Agus mewakili PD RTMM JABAR dikarenakan bapak Drs. H. Ateng Ruchiat selaku ketua PD FSP RTMM SPSI JABAR dalam kondisi yang tidak sehat, beliau menyampaikan amanat dari ketua PD Selamat Muscab IV semoga dengan MUSCAB IV RTMM Bekasi lebih maju dan berkembang, Bekasi adalah menempati rangking 6 se-provinsi Jabar dalam hal keanggotaan dari kontribusi besar keanggotaan adalah berasal dar Bekasi karena dari total 27.000 anggota, 10.000 anggota ada di Bekasi dan disampaikan bahwa PC FSP RTMM SPSI Bekasi adalah yg terbaik di Jawa Barat dan berhasil menempatkan perwakilan RTMM di Depeprov Jabar yaitu bung Syarif, dan semoga RTMM dapat lebih mewarnai perjuangan pekerja di Indonesia pada umumnya dan di Bekasi pada khususnya.

Dan acara pembukaan dilanjutkan dengan memukul gong oleh perwakilan dari PD FSP RTMM JABAR serat dilanjutkan dengan bersama-sama menyanyikannya lagu Kebyar-kebyar yang dipimpin oleh bung Zaenal.

Agenda MUSCAB IV PC FSP RTMM SPSI Kab./Kota Bekasi akan berlangsung sampai dengan tanggal 13 Juni 2021 dengan agenda penyampaian Laporan pertanggungjawaban Pengurus PC FSP RTMM SPSI Kab./Kota Bekasi periode 2016-2021, Pembahasan Program kerja, Peraturan dan rekomendasi organisasi serta pemilihan ketua dan penetapan Pengurus PC FSP RTMM SPSI Kab./Kota Bekasi periode 2021-2026, Semoga semua agenda berjalan dengan lancar dan menghasilkan keputusan terbaik untuk organisasi.

RTMM … Yes, SPSI … Oke, Bekasi … Bisa.

#Hmw-MediaPcSpkepSpsiBekasi

PHP Dev Cloud Hosting

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button