NEWS

Zen Mutowali, S.H., CLA. : Kopkar Syariah dengan Ta’awun (saling menolong) & takaful (saling menguatkan)

Koperasi Karyawan Bridgestone

Ketu PUK SPKEP SPSI PT. Bridgestone Bekasi Plan (Zen Mutowali, S.H., CLA.) Memberikan kata sambut dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Karyawan (Kopkar) Syariah PT. BSIN ke-32 Tahun buku 2020 pada tanggal 12 februari 2021 di Merapi Merbabu Hotel Kota Bekasi, dalam penyampaiannya ,beliau menyampaikan bahwa Sebagai koperasi syariah setidaknya berdiri atas 2 azas syariah (lex specialist) yaitu ta’awun (saling menolong) & takaful (saling menguatkan), reff: AD/ART
Makna yang luas dari ta’awun sebagaimana Firman Alloh SWT:
.. وَتَعَاوَنُوا۟ عَلَى ٱلۡبِرِّ وَٱلتَّقۡوَىٰۖ وَلَا تَعَاوَنُوا۟ عَلَى ٱلۡإِثۡمِ وَٱلۡعُدۡوَ ٰ⁠نِۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَۖ إِنَّ ٱللَّهَ شَدِیدُ ٱلۡعِقَابِ
[Surat Al-Ma’idah 2]
Selayaknya & seharusnya Kopkar Syariah mampu menghadirkan kebaikan-kebaikan dalam rangka menolong anggotanya. Demikian juga penerapan azas takaful agar apapun yang menjadi kebutuhan anggota dapat ditopang atau dikuatkan, tentunya dengan prinsip akuntabilitas..
Azas taawun & takaful dapat diterapkan baik secara kelembagaan maupun keanggotaan. Selanjutnya azas umum (lex generalis) dari gerakan koperasi itu sendiri yakni kekeluargaan. Sederhananya sebuah keluarga, menjadi prioritas anggota untuk diutamakan & layaknya sebuah keluarga kalau ada sesuatu hal dibicarakan secara kekeluargaan, dimusyawarahkan untuk mencari solusi, tidak kemudian tiba-tiba ada masalah ramai di luaran. Lebih dari itu, hindari sifat korporasi, karena inilah yang dulu salah satu menjadi pertimbangan kenapa UU 17/2012 Tentang Perkoperasian dibatalkan Mahkamah Konstitusi. Ruh koperasinya sebagai lembaga gotong royong & kekeluargaan tidak dapat, sehingga dalam praktek koperasi jauhkan sifat hanya mengejar “untung saja” layaknya prinsip ekonomi..
 terakhir dalam penutupnya Bung Zen Mutowali, S.H. CLA. mengucapkan Terima kasih kepada jajaran Pengurus Kopkar Syariah PT. BSIN, seluruh Perwakilan Anggota (PA) yg telah menjadi bagian solusi ekonomi anggota selama 32th Dan telah membersamai selama pandemi dengan program-program relaksasi. TIDAK mudah bisa membubuhkan SHU di tahun 2020 yang sulit, tapi alhamdulillah SHU (nett) sebesar 4,7 M..
Selamat, semoga semakin barokah & bernilai ibadah “tegasnnya”

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker